13 Aliran Sesat Menurut MUI di Indonesia

Nov 28, 2020

Aliran sesat adalah hal yang harus diwaspadai oleh masyarakat Indonesia. Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI), terdapat 13 aliran sesat yang berkembang di tanah air. Dalam tulisan ini, kami akan membahas secara detail mengenai setiap aliran sesat tersebut.

1. Aliran Sesat Ajaran Ahmadiyah

Menurut MUI, Ahmadiyah dianggap sebagai aliran sesat karena keyakinan mereka yang dianggap menyimpang dari ajaran Islam yang sebenarnya.

2. Aliran Sesat LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia)

LDII juga termasuk dalam daftar aliran sesat menurut MUI karena ajaran-ajaran yang dianggap bertentangan dengan ajaran Islam yang sahih.

3. Aliran Sesat Gafatar

Gafatar merupakan aliran sesat yang banyak diperbincangkan di Indonesia karena ajaran-ajarannya yang dianggap menyimpang.

4. Aliran Sesat Syiah

Meskipun Syiah memiliki sejarah panjang dalam Islam, MUI menyatakan bahwa aliran ini dianggap sesat karena keyakinan-keyakinan yang berbeda dengan mayoritas ajaran Islam Sunni.

5. Aliran Sesat Qadiani

MUI juga menyatakan aliran Qadiani sebagai aliran sesat karena keyakinan mereka terhadap nabi baru setelah Nabi Muhammad SAW.

6. Aliran Sesat Lia Eden

Lia Eden juga masuk dalam daftar aliran sesat menurut MUI karena klaimnya sebagai nabi dan penafsiran terhadap kitab suci yang dianggap menyimpang.

7. Aliran Sesat Keyakinan Sesat

Keyakinan sesat dianggap sebagai aliran sesat karena keyakinan yang tidak sesuai dengan ajaran agama yang benar.

8. Aliran Sesat Millah Abraham

Meskipun memiliki dasar ajaran agama Abraham, namun keyakinan yang diusung dalam aliran ini dianggap menyimpang oleh MUI.

9. Aliran Sesat Maha Sabha Dhammakaya

Aliran ini dianggap sesat karena ajaran-ajaran yang dianggap menyimpang dari ajaran Buddha yang sebenarnya.

10. Aliran Sesat Venus Flytrap

Venus Flytrap, meskipun bukan aliran agama, namun dianggap sebagai aliran yang berpotensi mengganggu ketentraman masyarakat.

11. Aliran Sesat Ajaran Pokok-Pokok Tauhid

Ajaran ini dianggap sesat karena tafsirannya yang dapat menyesatkan umat Islam.

12. Aliran Sesat Baha'i

Baha'i dianggap sebagai aliran sesat karena keyakinan mereka terhadap adanya nabi setelah Muhammad SAW.

13. Aliran Sesat Yayasan Buddha Tzu Chi International Indonesia

Yayasan ini dianggap sebagai aliran sesat karena keyakinan dan praktik-praktiknya yang dianggap menyimpang dari ajaran Buddha.

Dengan lebih memahami 13 aliran sesat menurut MUI di Indonesia, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan terhindar dari ajaran-ajaran yang dapat menyimpangkan keyakinan religius mereka.